Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembanga Keprofesian Berkelanjutan (PKB)


Menurut PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.


Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya.

Penilaian Kinerja Guru merupakan sebuah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya melalui pengukuran terhadap penguasaan kompetensi yang ditunjukkan melalui unjuk kerjanya.


Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan, yaitu proses penilaian berdasar bukti yang dilakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung.

Dasar Hukum Penilaian Kinerja Guru (PKG)

Dasar hukum pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah sebagai berikut. 
Permeneg PANRB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 
Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. 
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru tahun 2010 

Fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG)


Secara umum, terdapat 2 (dua) fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG), sebagai berikut.

Penilaian Kinerja Guru digunakan untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.

Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB
Fungsi PKG 

Diantaranya adalah : 
Dasar pembuatan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) 
Pemenuhan angka kredit guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan. 


Tujuan PKG 
Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi 
Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional. 
Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit 
Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar. 

Sebagai bahan penilaian Kinerja Guru akan kami bagikan tentang Instrumen Penilaian Kinerja Guru atau Intrumen PKG Tahun 2017 



BUKU PENILAIAN KINERJA PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TAHUN AJARAN 2019/2020


Nama Sekolah : ................................................................
Status Sekolah : ................................................................
Kelurahan / Desa : ................................................................
Kecamatan : ................................................................
Kabupaten/Kota : ................................................................
Provinsi : ................................................................

PENILAIAN KINERJA GURU / PENDIDIK PAUD 
DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama guru : _______________________________________________________
Nama lembaga : _______________________________________________________
Tema : _______________________________________________________
Sub Tema : _______________________________________________________

PETUNJUK PENILAIAN

Berilah nilai pada kolom Penilaian dengan cara membubuhkan tanda √ pada salah satu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan kinerja pegawai yang Saudara nilai dengan ketentuan sebagai berikut:

KRITERIA PENILAIAN 
KETERANGAN 
SB 
Sangat Baik 
Baik 
CB 
Cukup Baik 
KB 
Kurang Baik 
SK 
Sangat Kurang 

LEMBAR PENILAIAN PENDIDIK / GURU PAUD
NO 
PENAMPILAN GURU 
PENILAIAN 
SB 
CB 
KB 
SK 
Kemampuan Membuka Pelajaran 
a. Menarik Perhatian siswa 
b. Memberikan motivasi awal 
c. Memberikan apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan) 
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan 
e. Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan 

2 Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran 
a. Kejelasan artikulasi suara 
b. Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa 
c. Antusias dalam penampilan 
d. Mobilitas posisi mengajar 

3 Penguasaan Bahan Belajar 

a. Bahan belajar disajikan per kelompok 
b. Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar 
c. Kejelasan dalam memberikan contoh 
d. Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar 
e. Bahan belajar sesuai dengan tema 
4  Kegiatan Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran) 
a. Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan 

b. Penyajian bahan belajar sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan 
c. Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa. 
d. Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan (pembukaan 30” inti 60” istirahat 30” penutup 30”) 
e. Menyediakan sudut pengaman/belajar bagi siswa yang cepat menyelesaiakan tugas 

5  Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran

a. Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media 
b. Ketepatan/kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan 
c. Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran 
d. Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran 

6 Evaluasi Pembelajaran 

a. Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan 
b. Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian 
c. Penilaian yang diberikan sesuai dengan RKH 

7 Kemampuan Menutup Kegiatan Pembelajaran: 
a. Meninjau kembali materi yang telah diberikan 
b. Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan 
c. Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran 

8  Tindak Lanjut
a. Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari besuk 
b. Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar 

KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

SARAN YANG DIBERIKAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ , .............................

Penilai/observer


___________________


LEMBAR PENILAIAN
TENAGA KEPENDIDIKAN

DIMENSI PRESTASI KERJA

No. 

Item Penilaian 

PENILAIAN 
SB 
CB 
KB
SK 

1. Kesungguhan dalam melaksanakan tugas pokok rutin 
2. Kesungguhan dalam melaksanakan tugas khusus atau tugas tambahan 
3. Kemampuan dalam melaksanakan tugas dengan hasil kerja yang jauh melebihi dari hasil kerja rata-rata yang ditentukan, baik dalam arti mutu maupun jumlah 
4. Kemampuan dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam melaksanakan tugas untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal (efektif dan efisien) 


DIMENSI KETAATAN DAN KEDISIPLINAN

No. 
Item Penilaian 
PENILAIAN 

SB 
CB 
KB 
SK 

5. Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku 
6.  Ketaatan dalam menjalankan perintah kedinasan 
7. Memanfaatkan barang-barang milik KB PAUD secara bertanggung jawab 
8. Ketaatan dalam menjalankan perintah dari atasan 
9. Ketaatan dalam mengikuti aktivitas kedinasan (upacara) 
10. Kedisiplinan dalam mematuhi ketentuan jam kerja 
11. Kedisiplinan dalam menghadiri rapat 

DIMENSI KEJUJURAN
No. 
Item Penilaian 
PENILAIAN 
SB 
CB 
KB 
SK 

22. Kesesuaian antara ucapan dengan perbuatan 
23. Kemampuan menggunakan wewenang sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) 
24. Kejujuran dalam melaporkan hasil kerja kepada atasan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. 

DIMENSI TANGGUNG JAWAB
No. 
Item Penilaian 
PENILAIAN 
SB 
CB 
KB 
SK 

25. Kemampuan menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan 

26. Kemampuan dalam menjalankan tugas yang diinstruksikan pimpinan 

27. Tanggung jawab terhadap kepentingan dinas 

KESIMPULAN PENILAIAN

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

SARAN YANG DIBERIKAN

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

, .............................. 


Penilai,


UNTUK MENDAPATKAN FILENYA KLIK LINK DOWNLOAD

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive