Menurut PermenPANRB Nomor 16 Tahun 2009, Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah penilaian yang dilakukan terhadap setiap butir kegiatan tugas utama dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan, dan jabatannya.
Pelaksanaan tugas utama guru tidak dapat dipisahkan dari kemampuan guru dalam penguasaan dan penerapan kompetensinya.
Penilaian Kinerja Guru merupakan sebuah sistem penilaian yang dirancang untuk mengidentifikasi kemampuan guru dalam melaksanakan tugas utamanya melalui pengukuran terhadap penguasaan kompetensi yang ditunjukkan melalui unjuk kerjanya.
Penilaian ini dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan, yaitu proses penilaian berdasar bukti yang dilakukan pada saat pelaksanaan pembelajaran sedang berlangsung.
Dasar Hukum Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Dasar hukum pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) adalah sebagai berikut.
Permeneg PANRB Nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru tahun 2010
Fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG)
Secara umum, terdapat 2 (dua) fungsi Penilaian Kinerja Guru (PKG), sebagai berikut.
Penilaian Kinerja Guru digunakan untuk menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi dan keterampilan yang diperlukan pada proses pembelajaran, pembimbingan, atau pelaksanaan tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah.
Dengan demikian, profil kinerja guru sebagai gambaran kekuatan dan kelemahan guru akan teridentifikasi dan dimaknai sebagai analisis kebutuhan atau audit keterampilan untuk setiap guru, yang dapat dipergunakan sebagai basis untuk merencanakan PKB
Fungsi PKG
Diantaranya adalah :
Dasar pembuatan perencanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
Pemenuhan angka kredit guru dalam kenaikan pangkat dan jabatan.
Tujuan PKG
Menilai kemampuan guru dalam menerapkan semua kompetensi
Menjamin bahwa guru melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional.
Menentukan persentase perolehan hasil penilaian kinerja untuk perhitungan angka kredit
Menjadi dasar untuk menyusun program pengembangan keprofesiannya sebagai guru pembelajar.
Sebagai bahan penilaian Kinerja Guru akan kami bagikan tentang Instrumen Penilaian Kinerja Guru atau Intrumen PKG Tahun 2017
BUKU PENILAIAN KINERJA PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TAHUN AJARAN 2019/2020
Nama Sekolah : ................................................................
Status Sekolah : ................................................................
Kelurahan / Desa : ................................................................
Kecamatan : ................................................................
Kabupaten/Kota : ................................................................
Provinsi : ................................................................
PENILAIAN KINERJA GURU / PENDIDIK PAUD
DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama guru : _______________________________________________________
Nama lembaga : _______________________________________________________
Tema : _______________________________________________________
Sub Tema : _______________________________________________________
PETUNJUK PENILAIAN
Berilah nilai pada kolom Penilaian dengan cara membubuhkan tanda √ pada salah satu jawaban yang telah disediakan sesuai dengan kinerja pegawai yang Saudara nilai dengan ketentuan sebagai berikut:
KRITERIA PENILAIAN
KETERANGAN
SB
Sangat Baik
B
Baik
CB
Cukup Baik
KB
Kurang Baik
SK
Sangat Kurang
LEMBAR PENILAIAN PENDIDIK / GURU PAUD
NO
PENAMPILAN GURU
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a. Menarik Perhatian siswa
b. Memberikan motivasi awal
c. Memberikan apersepsi (kaitan materi yang sebelumnya dengan materi yang akan disampaikan)
d. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan diberikan
e. Memberikan acuan bahan belajar yang akan diberikan
2 Sikap Guru dalam Proses Pembelajaran
a. Kejelasan artikulasi suara
b. Variasi Gerakan badan tidak mengganggu perhatian siswa
c. Antusias dalam penampilan
d. Mobilitas posisi mengajar
3 Penguasaan Bahan Belajar
a. Bahan belajar disajikan per kelompok
b. Kejelasan dalam menjelaskan bahan belajar
c. Kejelasan dalam memberikan contoh
d. Memiliki wawasan yang luas dalam menyampaikan bahan belajar
e. Bahan belajar sesuai dengan tema
4 Kegiatan Belajar Mengajar (Proses Pembelajaran)
a. Kesesuaian metode dengan bahan belajar yang disampaikan
b. Penyajian bahan belajar sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan
c. Memiliki keterampilan dalam menanggapi dan merespon pertanyaan siswa.
d. Ketepatan dalam penggunaan alokasi waktu yang disediakan (pembukaan 30” inti 60” istirahat 30” penutup 30”)
e. Menyediakan sudut pengaman/belajar bagi siswa yang cepat menyelesaiakan tugas
5 Kemampuan Menggunakan Media Pembelajaran
a. Memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan media
b. Ketepatan/kesesuaian penggunaan media dengan materi yang disampaikan
c. Memiliki keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran
d. Membantu meningkatkan perhatian siswa dalam kegiatan pembelajaran
6 Evaluasi Pembelajaran
a. Penilaian relevan dengan tujuan yang telah ditetapkan
b. Menggunakan bentuk dan jenis ragam penilaian
c. Penilaian yang diberikan sesuai dengan RKH
7 Kemampuan Menutup Kegiatan Pembelajaran:
a. Meninjau kembali materi yang telah diberikan
b. Memberi kesempatan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
c. Memberikan kesimpulan kegiatan pembelajaran
8 Tindak Lanjut
a. Menginformasikan materi/bahan belajar yang akan dipelajari besuk
b. Memberikan motivasi untuk selalu terus belajar
KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
SARAN YANG DIBERIKAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ , .............................
Penilai/observer
___________________
LEMBAR PENILAIAN
TENAGA KEPENDIDIKAN
DIMENSI PRESTASI KERJA
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
1. Kesungguhan dalam melaksanakan tugas pokok rutin
2. Kesungguhan dalam melaksanakan tugas khusus atau tugas tambahan
3. Kemampuan dalam melaksanakan tugas dengan hasil kerja yang jauh melebihi dari hasil kerja rata-rata yang ditentukan, baik dalam arti mutu maupun jumlah
4. Kemampuan dalam memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam melaksanakan tugas untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal (efektif dan efisien)
DIMENSI KETAATAN DAN KEDISIPLINAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
5. Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku
6. Ketaatan dalam menjalankan perintah kedinasan
7. Memanfaatkan barang-barang milik KB PAUD secara bertanggung jawab
8. Ketaatan dalam menjalankan perintah dari atasan
9. Ketaatan dalam mengikuti aktivitas kedinasan (upacara)
10. Kedisiplinan dalam mematuhi ketentuan jam kerja
11. Kedisiplinan dalam menghadiri rapat
DIMENSI KEJUJURAN
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
22. Kesesuaian antara ucapan dengan perbuatan
23. Kemampuan menggunakan wewenang sesuai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)
24. Kejujuran dalam melaporkan hasil kerja kepada atasan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
DIMENSI TANGGUNG JAWAB
No.
Item Penilaian
PENILAIAN
SB
B
CB
KB
SK
25. Kemampuan menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan
26. Kemampuan dalam menjalankan tugas yang diinstruksikan pimpinan
27. Tanggung jawab terhadap kepentingan dinas
KESIMPULAN PENILAIAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
SARAN YANG DIBERIKAN
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
, ..............................
Penilai,
UNTUK MENDAPATKAN FILENYA KLIK LINK DOWNLOAD
0 komentar:
Post a Comment